Minggu, 20 Oktober 2013

Browse Manual » Wiring » » » » » Bahaya Terlalu Lama Duduk

Bahaya Terlalu Lama Duduk


Bahaya Terlalu Lama Duduk

Setiap hari dalam pekerjaan kita selalu melakukan aktifitas tapi biasanya aktifitas tersebut biasa kita lakukan dengan duduk.Apalagi kalau kita yang bekerja di kantor-kantor,sekolah dan terutama yang biasa sering duduk didepan komputer yang hanya sekedar mencari informasi atau menyelesaikan ketikan pekerjaannya.Tapi pastilah kita bekerja dengan posisi duduk,kecuali petugas keamanan atau satpam yang selalu berdiri.

Bayangkan saja setiap harinya kita selalu duduk dengan posisi yang bermacam-macam ada yang dengan posisi badan miring,punggung menyamping dan macam lainnya yang biasa kita lihat dari orang-orang yang sering duduk.Memang kita tidak bisa melepas kegiatan atau aktifitas dengan duduk,karena biasanya dengan duduk pekerjaan akan mudah dikerjakan.

Bagaimana mungkin jika seorang karyawan yang bekerja dikantor disuruh mengerjakan tugas dengan posisi berdiri, gimana jadinya itu? Apalagi disuruh mengetikkan laporan ke komputer dengan berdiri,waduh bakal susah itu.Makanya hampir lebih dari 3 jam waktu kita habiskan dengan duduk terutama bagi kita yang bekerja di kantor atau disekolah.

Perlunya kita menyadari bahwa terlalu lama duduk membuat badan menjadi sedikit akan pegal serta akan menimbulkan masalah kesehatan lainnya.Maka dari itu akan dijelaskan beberapa kemungkinan dampak dari terlalu lamanya kita duduk dan membuat efek masalah pada kesehatan kita sendiri.Maka dari itu beberapa bahaya dari duduk dalam waktu yang lama yaitu :

1.Akan menimbulkan penimbunan lemak disekitar pinggul,karena kurangnya pergerakan tubuh terutama dari area sekitar pinggul, akan menyebabkan lemak tertimbun sehingga akan tampak atau ukuran pinggul menjadi tampak lebih lebar.Dapat dikatakan akan menjadi sedikit lebar atau gemuk.

2.Menyebabkan badan dan tulang punggung menjadi agak menyamping,ini tergantung dari cara posisi kita saat duduk,jika sehariannya posisi kita sering agak menyamping maka tulang-tulang belakang akan terjadi pembengkokkan sesuai dengan arah duduk kita yang menyamping tersebut.Maka dari itu biasakan duduk dengan posisi yang benar yakni tegak dan relax atau dibawah santai.

3.Bagi orang gemuk duduk terlalu lama bisa menjadi membuat posisi perut menjadi agak buncit.Ini dikarenakan adanya tekanan dari rongga-ronga perut kearah bawah sehingga akan menyebabkan bentuk perut menjadi sedikit buncit.Semacam membentuk parabola.Tapi kalau ini sering dibiasakan akan menjadi fatal pada bentuk perut kita.Untuk itu perlunya banyak pergerakan dan olah raga untuk mengatasi masalah ini.

4.Ukuran pantat menjadi akan lebih melebar ini bisa dilihat dari sebagian orang yang suka berlama-lama duduk.Sehingga tekanan dari kita duduk membuat pantat menjadi agak melebar.Maka dari itu perlunya olah raga agar tubuh tetap bergerak dan sehat.

5.Berlama-lama duduk akan menyebabkan tubuh terasa berat sehingga agak kaku untuk bergerak.Ini membuat tubuh malas untuk bergerak sehingga ini bisa menyebabkan tubuh menjadi agak berat dan juga bisa menyebabkan kegemukan yaitu karena kurangnya tubuh bergerak.

Memang hidup sehat menjadi idaman semua orang,karena untuk menjaga agar tubuh tetap sehat itu dimulai dari kesadaran dari diri kita sendiri dan bukan dari orang lain.Inilah yang bisa dijelaskan tentang bahaya duduk terlalu lama yang sering kita lakukan dan tanpa kita sadari kita sendiri telah membawa penyakit tersebut kedalam tubuh kita.

Mulai dari itu canangkanlah hidup untuk sehat dan hidup untuk menyadari bahwa kesehatan itu melebihi hal segalanya.Semoga artikel ini memberi manfaat besar bagi kita yang membaca dan memperhatikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar